Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Word Add-in for Mathematics, Jadikan Word Membantu Mempermudah Belajar Matematika

Use Microsoft Word to help you in studying Mathematics, seperti itulah kira-kira tema postingan kali ini. Matematika, sebuah pelajaran yang dengan mendengar namanya saja sebagian besar siswa tidak begitu menyukainya. Dengan guru pengampu yang ganteng, putih, bersih, disiplin, sabar, tampak masih muda dan semangat menerangkan materi dengan begitu jelas saja masih ada yang tidak suka, apalagi kalau ternyata guru yang memberikan pelajaran ini mukanya sangar dan cara mengajarnya killer style, sudah pasti siswa kapok belajarnya dan yang ada malah membenci pelajarannya sekaligus gurunya.

Agar pembelajaran lebih gampang, di masa sekarang ini di mana teknologi terus berkembang, ada banyak aplikasi yang bisa membantu belajar Matematika. Dengan mengandalkan Microsoft Word saja, kita sudah bisa belajar Matematika lebih mudah. Secara default Microsoft Word telah menyediakan tool Matematika berupa editor Equation yang dapat membantu dalam mengetikkan rumus Matematika atau membuat persamaan menjadi lebih mudah. Namun persamaan Matematik tersebut bersifat statis dalam artian tidak dapat melakukan perhitungan secara otomatis seperti di Excel yang dapat menghasilkan jawaban atau solusi. Tapi dengan sedikit tambahan, berupa add-in, yaitu suatu program tambahan berukuran kecil yang biasa disematkan pada program induk. Dalam hal ini Microsoft Word, dan namanya adalah Microsoft Mathematics Add-in.

Dengan Microsoft Mathematics Add-in, kita bisa menulis rumus matematika sekaligus dapat melakukan pencarian solusi persamaannya. Dengan add-in ini, operasi Matematika yang dapat diselesaikan bisa lebih kompleks daripada sekedar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat saja, tentu hal ini akan sangat membantu dalam proses belajar. Langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan add-in ini sebagai berikut:
Pertama
Download Installer addin matematika-nya bisa unduh disini disini Microsoft Mathematics Add-In for Word.
Kedua
Instal di komputer, setelah selesai maka akan muncul menu Mathematics di menu bar Microsoft Word.
Agar bisa menghitung solusi rumus matematika tersebut maka gunakan template yang tersedia di equation (Built in equation), selanjutnya ubah variabelnya sesuai dengan koefisien /variable yang ingin dicari. Misalnya :

Rumus luas lingkaran A= phi * r ^ 2 (baca: phi dikali r pangkat dua)


Selanjutnya ubah r menjadi 4 , kemudian klik tombol Compute - Solve for A

Hasilnya akan terlihat A = 16 * phi




Dengan prosedur yang sama namun menggunakan persamaan yang lain , yaitu pythagorean theorem


Ubah a menjadi 4 kemudian b menjadi 5.

Klik Compute - Solve for C , maka akan tampil hasilnya seperti di bawah ini



Nah selamat bereksplorasi mempelajarinya! Keep spirit!

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement