Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Import Soal ke Schoology Format Blackboard (1)

How to import the question for online test on Schoology. Meneruskan bahasan tentang Schoology dan postingan keempat ini akan kita bahas bagaimana mengimpor soal ke Schoology. Bagi para guru yang menggunakan LMS sebagai media pembelajaran tentunya akan merasa sangat terbantu, apalagi bila kita memanfaatkannya untuk tes atau ulangan harian online. Tes dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, lengkap dengan kunci jawaban maupun pembahasan soal yang telah dikerjakan plus analisa soal yang lengkap. Satu keunggulan Schoology yang tidak didapatkan pada Edmodo adalah tampilan tes online dilengkapi dengan tampilan waktu lamanya pengerjaan, sehingga siswa atau yang mengikuti tes online dapat memantau waktu yang tersisa sebelum quiz tertutup sendiri karena waktunya telah habis.

Salah satu jenis tes yang paling mudah dan sering digunakan adalah Multiple Choice alias Pilihan Ganda. Membuat soal multiple choice dalam jumlah sedikit mungkin tidak akan menjadi masalah dari segi waktu, tetapi bagaimana jika soal yang kita buat berjumlah puluhan bahkan ratusan? Tentu akan sangat melelahkan dan membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika soal yang sedang dibuat tiba-tiba koneksi internetnya terputus maka resiko kehilangan soal pasti terjadi. Sebagai solusinya kita bisa membuat soal terlebih dahulu secara offline baru kemudian soal tersebut diimport ke Schoology.

Format yang didukung untuk import soal di Schoology memang terbatas hanya pada Blackboard dan Edmastery, tidak sebanyak yang disediakan Moodle. Namun jangan khawatir karena cukup banyak website atau aplikasi yang berfungsi sebagai generator soal format Blackboard. Jadi tahap pertama dalam melakukan impor soal ke Schoology adalah membuat bentuk soal yang sesuai dengan format yang disediakan Schoology, pada postingan ini yang digunakan format Blackboard. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Siapkan soal yang akan diimpor, kita bisa menggunakan Notepad atau editor lainnya. Soal pilihan ganda dibuat dengan format seperti di bawah ini. Berikan tanda * pada opsi jawaban yang benar.

2. Buka website yang menyediakan fitur Blackboard Quiz Generator, dalama hal ini saya menggunakan halaman di web https://ed.oc.edu/blackboardquizgenerator/ sebagai generator format tes yang sudah dibuat. Untuk petunjuknya tinggal baca apa yang disebutkan pada bagian Instruction dan Basic Information. Untuk melihat contoh format penulisan dengan soal pilihan ganda, pilih Multiple Choice pada bagian Create sample question.


3. Beri nama kuiz pada Quiz Name lalu salin soal yang sudah dibuat pada Notepad tadi ke bagian kolom kosong yang luas dibawah Quiz Name, tentu saja caranya sudah pada tahu kan? Tinggal copy and paste. :) Kemudian pilih Generate Test Question.

4. Jika muncul notifikasi "Test generation failed..." dan pada bagian soal muncul warna latar belakang berwarna merah, itu artinya ada masalah pada penulisan soal. Cek kembali dan sesuaikan dengan format yang sudah dibahas tadi.

Jika penulisan soal sudah sesuai dengan formatnya, hasil Generate menunjukkan seluruh bagian soal berlatar belakang warna hijau dan adanya notifikasi di paling atas bertuliskan "Test generation succesful". Itu artinya soal yang kita buat sudah OKE dan tinggal lanjutkan ke langkah selanjutnya.


5. Pilih Download Question Pool dan hasilnya berupa file berekstensi .zip yang akan di-import ke Schoology. Jangan lupa lokasi file hasil download tadi disimpan.
   

 
Selesai sudah tahap pertama membuat soal untuk dimport ke Schoology, tahap kedua dilanjutkan pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. trims infonya, sangat membantu saya..

    BalasHapus
  2. tak bisa loh link tersebut dibuka. ada gak link yang lain agar bisa diimpor soal dari notepad?

    BalasHapus

Ad Code

Responsive Advertisement