Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Prinsip K3 dalam Penggunaan TIK



K3LH dalam penggunaan komputer berkaitan dengan posisi duduk dan penggunaan komponen komputer yang benar sehingga nyaman dan efektif. Prinsip-prinsip K3 dalam penggunaan komputer diantaranya:
  • Posisi duduk yang benar di depan komputer antara lain tempat duduk yang ideal dan bersandar, kursi yang ideal bisa berputar dan dapat diatur tinggi rendahnya.
  • Posisi mata terhadap monitor harus sesuai, jarak dan arahnya, begitu pun dengan jenis monitor yang dipakai patut untuk diperhatikan.
  • Posisi tangan pada keyboard, maka posisi tangan pada keyboard dibuat senyaman mungkin, sehingga tangan tidak cepat lelah. Dan pilihlah tuts keyboard yang lembut untuk mengetik.
Pengaturan posisi duduk harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
Area komputer
Biarkan area komputer di ruangan teratur. Alat-alat yang sering digunakan sebaiknya dekat sehinnga mudah menjangkaunya.Hindari menyimpan sesuatu dibawah meja yang dapat mengganggu posisi kaki.
Duduk dengan posisi yang baik
Ketika duduk, tempatkan pantat tepat dikursi. Duduk tegap dan cobalah untuk menjaga pinggul, bahu dan telinga dalam posisi lurus.
Kaki sebaiknya menyentuh lantai
Jika kaki tidak menyentuh lantai, rendahkan kursi atau gunakan sandaran kaki.
Istirahat dan ganti posisi Jalan-jalan sebentar dapat mengurangi stress dan ketegangan pada otot dengan melentangkan badan membuat perbedaan yang besar.

Berikut contoh posisi-posisi salah yang sering dilakukan saat menggunakan komputer


Pengaturan posisi mata terhadap monitor harus sesuai, jika posisi mata lebih tinggi atau lebih rendah, maka leher jadi cepat lelah. Monitor harus ditempatkan di mana bagian atas monitor berada tepat di mata dan langsung berhadapan. Jarak antara operator dengan monitor kira-kira 45-70 cm atau 18-28 inchi. 

Untuk penggunaan monitor harap diperhatikan jenis monitor yang dipakai, sebaiknya menggunakan monitor yang Low Radiation. Jika masih menggunakan monitor jenis CRT (monitor lama) sebaiknya tambahkan lapisan kaca anti radiasi. Untuk jenis monitor yang ramah terhadap mata juga hemat listrik karena hanya membutuhkan asupan daya yang rendah, saat ini banyak digunakan monitor LCD dengan backlight LED, atau lebih kita kenal sebagai monitor LED.
Monitor CRT
Monitor LCD/LED



Untuk pengaturan posisi tangan pada keyboard dan mouse dapat mengikuti acuan-acuan berikut ini:


Materi selengkapnya dapat diunduh di sini.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. informasi yang harus diterapkan demi keselamatan dan kesehatan kerja
    www.sepatusafetyonline.com

    BalasHapus

Ad Code

Responsive Advertisement