Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Jenis-Jenis Power Supply

Power Supply Unit, atau biasa disingkat PSU, adalah sebuah perangkat atau sistem yang memasok listrik atau energi ke output yang dihubungkan pada beban atau kelompok beban. Power Supply Unit berfungsi untuk mengubah tegangan listrik (AC 220/230/240 V, 110/120 V) agar bisa digunakan oleh computer (DC 3,3 V, 5 V, 12 V). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.

Jenis-jenis Power Supply:
1.Catu daya baterai/battery power supply 
2.Catu daya tak teregulasi/unregulated power supply 
3.Catu daya tergulasi secara linear/linear regulated power supply 
4.Variabel catu daya/Switch mode power supply 
5.Catu daya terprogram/programable power supply 
6.Uninterruptible Power Supply 
7.Catu daya tegangan tinggi/High voltage power supply 
8.Pengali tegangan/Voltage multipliers

1. Catu daya baterai (battery power supply)

Baterai adalah jenis catu daya yang tidak tergantung pada ketersediaan induk listrik, cocok untuk peralatan portabel dan digunakan dalam lokasi tanpa daya listrik. baterai terdiri dari beberapa sel elektrokimia terhubung secara seri untuk memberikan tegangan yang diinginkan.

Sel primer yang digunakan adalah karbon-seng sel kering. Ia memiliki tegangan sebesar 1,5 volt . Karbon-seng dan sel-sel sudah banyak digunakan, tetapi sekarang jenis baterai alkaline lebih banyak digunakan karena memiliki lebih banyak energi. Tegangan baterai yang paling sering digunakan adalah 1.5 (1 sel) dan 9V (6 sel). Untuk saat ini jenis yang paling sering digunakan adalah NiMH , dan lithium ion dan varian lainnya.

Materi selengkapnya diunduh di slideshare atau di sini.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement