Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Gmote, Mengendalikan Presentasi Powerpoint dengan Ponsel Android

 
Use Your Android Phone As PC Remote, mungkin itu kalimat pembuka untuk postingan kali ini. Selasa pagi yang lalu saat terlibat obrolan & curhatan dengan rekan-rekan di Normatif Adaptif muncul keinginan beberapa rekan yang sudah terbiasa menyajikan bahan ajar melalui presentasi Powerpoint berharap bisa mengendalikan presentasinya dari jarak jauh sehingga bisa bebas bergerak dan berinteraksi dengan siswa jadi lebih dekat. Tentu saja harapan mereka tanpa harus keluar uang untuk membeli bluetooth remote yang ada di pasaran, terlebih lagi ada rekan yang pernah melihat video presentasi Powerpoint yang dikendalikan dengan ponsel. Kebetulan beberapa rekan menggunakan ponsel Android, seperti halnya saya dan saya telah memakainya untuk me-remote laptop saya pada beberapa pertemuan pembelajaran di kelas atau bengkel TKJ, maka terdoronglah dibuatnya tutorial ini sebagai media sharing kita.

Ponsel Android yang dikembangkan dengan berbasis Linux memang mempunyai begitu banyak kelebihan di sisi Networking, termasuk salah satunya untuk mengendalikan komputer atau laptop dari jarak jauh, istilah kerennya PC Remote Control. Ada begitu banyak aplikasi di Android Market, yang sekarang lebih dikenal sebagai Google Play Store, untuk me-remote komputer kita. Ada yang berbayar ada juga yang gratisan, ada yang menggunakan koneksi via bluetooth, via wifi ada juga via internet online. Nah kali ini kita akan coba bahas aplikasi PC remote control yang gratis via wifi, karena selain tanpa harus keluar uang tentunya dibanding via internet juga radius koneksi lebih luas dibandingkan via bluetooth. Aplikasi yang akan dibahas adalah Gmote dan telah dicoba pada ponsel Samsung Galaxy Gio GT-S5660 dengan sistem operasi Android Gingerbread 2.3.4 di sisi client dan dihubungkan dengan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7 di sisi server. Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah pertama
Di sisi server atau di komputer kita, kunjungi situs Gmote di sini dan download aplikasi Gmote Server sesuai dengan sistem operasi yang dipakai di komputer kita. Karena hampir semuanya memakai Windows, maka yang dipilih tentu saja Windows.

Langkah kedua
Jika sudah didownload, install aplikasi tersebut di komputer. Gampang kok, tinggal pilih next-next saja (klo ga ngerti dg bahasa'a, haha...). Setelah instalasi selesai, begitu Gmote dijalankan akan diminta untuk membuat password akses ke Gmote server tersebut nantinya. Ketikkan passwordnya dan ulangi pada kolom yang muncul di sudut kiri atas komputer kita.

Langkah ketiga
Kunjungi Google Play Store di ponsel Android dan download aplikasi Gmote. Gampangnya, ketikkan saja  "Gmote" di kolom pencarian, saat ini yang tersedia gratis yaitu Gmote 2.0.


Langkah keempat
Agar aplikasi client Gmote di ponsel terhubung dengan aplikasi Gmote Server di komputer diperlukan koneksi wifi. Ga perlu ribet memakai wifi sekolah, karena kadang aksespointnya diproteksi dan diganti passwordnya. Kita ciptakan akses point sendiri di ponsel Android kita. Buka menu Pengaturan >> Wireless dan Jaringan >> Tethering dan portable hotspot, lalu pilih Pengaturan Mobile AP >> Konfigurasi Mobile AP. Pada SSID Jaringan beri nama akses point kita atau biarkan saja dengan nama standar yang sudah tertampil. Pada menu Pengaman pilih Open jika mau terkoneksi tanpa password atau pilih WPA2 PSK kalau aksespointnya mau dipassword.
Kembali ke menu Tethering dan portable hotspot dan beri tanda centang pada Mobile AP. Kini anda sudah berhasil membuat akses point sendiri.


Langkah kelima
Kembali ke komputer, buka Network and Sharing Center yang ada di system tray di sudut kanan bawah untuk memilih aksespoint yang tadi dibuat di ponsel android, lalu pilih Connect.


Langkah keenam
Jalankan aplikasi Gmote di ponsel Android dan pilih menu Find Server untuk menghubungkannya dengan Gmote Server di komputer.

Setelah terkoneksi, akan diminta password, tinggal ketikkan password yang dibuat pada langkah kedua tadi. Kini kita sudah bisa melakukan remote PC, membuka presentasi Powerpoint, menjalankan dan mengendalikannya (berpindah slide atau berganti animasi) dari jarak jauh. Untuk menggerakkan mouse pilih menu Touchpad, sedangkan untuk menjalankan slide presentasi gunakan menu Remote.

Nah... akhirnya tuntas sudah tutorial menjadikan ponsel Android sebagai remote PC untuk kendali presentasi Powerpoint. Dengan demikian kita bisa memberikan pembelajaran yang lebih menarik, materi bahan ajar dalam bentuk presentasi tapi kita juga bisa bergerak lebih leluasa tak mesti dekat laptop terus dan bisa lebih dekat dengan siswa. Selamat mencoba rekan-rekan!

Posting Komentar

7 Komentar

  1. thanks pak buat tips.a :D, jadi lebih optimal persentasinya nih.., tapi sayang gk boleh bw hp d sekolah :D, tapi gpplah buat sekali-kali klo lagi persentasi :)

    BalasHapus
  2. Yup... buat di luar aja Imam, krna peraturan itu msh brlaku bagi siswa. Happy enjoy ur outside activity with Gmote!

    BalasHapus
  3. Terimakasih Infonya,sangat membantu :)

    Ijin Share ulang pak,boleh kan?

    BalasHapus
  4. saya terkendala di langkah kelima, bisa dibantu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkendala spt apa? Bisa lebih diperjelas! :)

      Hapus
  5. klo untuk power point gimana caranya pak? apakah harus pake mouse gabisa pake keys keyboard yang berbentuk panah untuk menggeser slidenya?

    BalasHapus

Ad Code

Responsive Advertisement