Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Eksplorasi Gmote, Desktop Remote Control dari Android

Akhirnya liburan lebaran tahun ini bakal segera berakhir dan mengingat masih dalam suasana Syawal, tak ada salahnya saya ucapkan "Taqobbalallahu minna waminkum, minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir batin", mohon maaf jika ada tulisan dalam artikel ini yang kurang berkenan atau informasi yang kurang jelas sehingga membingungkan dan membutuhkan pemahaman lebih.

Setelah puas dengan liburan lebaran dan bersiap untuk kembali ke rutinitas, akhirnya ada waktu untuk kembali melirik blogku ini. Tulisan kali ini lanjutan dari postingan terdahulu tentang Gmote, Mengendalikan Presentasi Powerpoint dengan Ponsel Android. Kali ini kita akan 'bicara lebih' karena sebetulnya Gmote ini walau pun aplikasi gratisan, tidak hanya sekedar bisa meremote presentasi powerpoint kita, tapi juga ada fitur-fitur lainnya yang bisa kita coba. Dan ... mengingat ada beberapa rekan yang mengalami kesulitan membuat koneksi dan bertanya detail tentang langkah pengaturan koneksinya, so... mari kita simak bersama hal itu terlebih dahulu!

Pada langkah keenam ketika membuat koneksi antara ponsel Android dengan komputer dibutuhkan IP address dari komputer kita supaya bisa tersambung. Untuk mengetahui IP address dari komputer bagi yang sudah akrab dengan dunia hitamnya Windows (tau kan dunia hitam Windows?? apalagi klo bukan command prompt alias perintah DOS) maka tinggal ketikkan perintah ipconfig. Dalam penggunaan Gmote ada cara lain, yaitu cari ikon Gmote Server di Notification Area Windows yang ada di sudut kanan bawah, klik kanan dan pilih Help lalu Show local ip address maka IP address dari komputer akan ditampilkan seperti terlihat pada gambar di bawah ini

Bisa ada lebih dari satu IP address yang ditampilkan, kita tinggal pilih salah satu saja, dalam hal ini saya pakai yang paling atas yaitu 192.168.43.96, selanjutnya kita buka kembali aplikasi Gmote di ponsel Android, pilih Find Server lalu Enter IP


Masukkan IP yang kita pakai tadi yaitu 192.168.43.96 ke field yang tersedia, untuk field TCP Port dan UDP Port biarkan saja dalam angka default, kemudian pilih Done, maka Gmote akan mencoba melakukan koneksi ke Gmote Server di Windows. Selesai sudah untuk koneksinya, dengan cara ini pada beberapa rekan saya yang sudah mencobanya berhasil semua.

Untuk eksplorasi aplikasi ini, rekan-rekan bisa mencoba fitur Media Path yang tak banyak ditemukan pada aplikasi sejenis yang lainnya yang gratisan. Media Path adalah fitur dimana kita bisa menjelajah file di Windows tanpa terlihat di tampilan desktop, caranya klik kanan pada icon Gmote Server di Notification Area, pilih Settings lalu Change media paths.Tentukan sendiri drive mana atau folder mana yang akan diperbolehkan diremote oleh Gmote. Untuk menambah lokasi file yang baru pilih Add Path, untuk menghapusnya pilih Remove Path, kalau sudah selesai pilih Done.

Kembali ke Gmote di ponsel, pilih Browse maka akan ditampilkan drive atau folder mana saja di komputer yang telah diijinkan untuk diremote.

Langkah selanjutnya tinggal terserah anda, apakah akan memilih file berekstensi ppt sehingga langsung muncul presentasi di layar atau memilih file berekstensi mp3 sehingga tiba terdengar alunan lagu di laptop kita. Masih banyak eksplorasi lainnya, selamat mencoba and happy explore it !! 

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement