Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Menambah RAM dengan Menggunakan Flashdisk

Komputer dalam melakukan pemrosesan data sangat membutuhkan peranan dari RAM untuk mengalokasikan berapa banyak memori yang akan digunakan oleh suatu aplikasi yang berjalan. Jika komputer mempunyai RAM dengan kapasitas besar, mungkin aplikasi yang berjalan di komputer akan berjalan normal dan tidak akan terasa lambat. Namun jika ternyata RAM yang ada hanya mempunyai kapasitas yang kecil, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap aplikasi yang dijalankan di komputer, yaitu prosesnya lambat atau tidak maksimal.

Saat belajar Sistem Operasi Jaringan melalui aplikasi virtualisasi seperti VirtualBox atau VMWare, kita sering membuka lebih dari satu virtual machine untuk menguji koneksi dan konfigurasi yang sudah dibuat. Hal ini tentu saja cukup memberatkan sistem, sehingga komputer berjalan begitu lambat. Dan kita pun cukup bete untuk melihat proses konfigurasi suatu service yang kita buat.

Untuk mengatasinya, tentu saja kita harus menambah kapasitas memory RAM pada komputer atau laptop yang kita gunakan. Namun untuk menambah RAM, biasanya kita akan dikenakan biaya sekitar 100 ribu rupiah bahkan lebih. Ada alternatif lain jika kita ingin membuat RAM virtual, yaitu menggunakan flashdisk. Flashdisk kita akan berfungsi sebagai RAM tambahan. Namun sebelum melakukannya, penting untuk memperhatikan hal-hal berikut ini :
  • Jangan mencabut flashdisk atau menggunakan flashdisk jika flashdisk sedang digunakan sebagai RAM virtual.
  • Port yang digunakan flashdisk adalah port yang sama pada saat membuat flashdisk tersebut menjadi RAM virtual.
  • Gunakan flashdisk dengan kapasitas minimal 255 MB dan maksimal 4GB.
  • Jika RAM komputer dirasa sudah cukup, jangan menggunakan flashdisk sebagai RAM virtual komputer. Jangan terlalu sering menggunakan flashdisk untuk RAM.

Beikut cara untuk membuat flashdisk menjadi RAM tambahan bagi komputer atau laptop Anda!
Langkah pertama
Siapkan flashdisk yang akan digunakan sebagai RAM virtual, kemudian colokkan pada port USB yang tersedia.

Langkah kedua
Tunggu hingga komputer mendeteksi flashdisk tersebut. Setelah itu buka Windows Explorer, klik kanan pada device flashdisk pilih Properties.



Langkah ketiga
Pada jendela properties, pilih tab ReadyBoost. Tunggu hingga beberapa saat, karena komputer akan mengecek apakah flashdisk anda memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai RAM virtual. Jika memenuhi syarat, maka komputer akan menyediakan ceklist.

Jika flashdisk yang digunakan tidak memenuhi syarat karena kapasitasnya penuh dengan data atau program, kita bisa memindahkan sementara data atau program tersebut dari flasdisk ke komputer.

Langkah keempat
Pilihlah pada pilihan Use this device, lalu atur kapasitas yang ingin anda gunakan untuk RAM. Kemudian klik Apply, lalu OK.




Kini flashdisk anda sudah berfungsi menjadi RAM virtual. Cara ini juga bisa berfungsi pada kartu memori (eksternal memory) seperti SD card atau Memory Stick Micro. Selamat mencoba!
Note:
Jika kita ingin menyudahi flashdisk sebagai RAM, tinggal klik pada bagian Do not use this device pada pilihan seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. ringanan pake ubuntu pak :D
    efesien ram ga pake lemot :D

    BalasHapus
  2. hidup itu banyak pilihan Cep :)
    kita tak bisa terpaku hanya pada satu pilihan dan terkungkung oleh strategi pasar :D

    BalasHapus
  3. beresiko gak ya bos kalau terus-terusan dipasang flasnya untuk ram

    BalasHapus

Ad Code

Responsive Advertisement