Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Aplikasi Pilihan untuk Layanan Remote Desktop

Remote Desktop for your PC, itulah topik postingan kali ini. Di era teknologi informasi yang pesat ini, menuntut kita untuk terus maju dan berkembang, mampu mendapatkan informasi yang up to date namun juga cepat dalam penyajiannya serta dapat diakses dimanapun kapanpun, jauh atau dekat. Berbagai layanan teknologi komputer yang berbasis jaringan (networking), seperti Video Conference, Cloud Computing, Near Field Communication, tercipta untuk memenuhi tuntutan tersebut, termasuk Remote Desktop.
Remote Desktop adalah aplikasi yang mengizinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan. Remote Desktop merupakan salah satu fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Microsoft Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista dan Windows Server 2008 dengan menggunakan protokol Remote Desktop Protocol (RDP) dan secara default berjalan di TCP port 3389.

Selain terintegrasi pada sistem operasi, banyak aplikasi Remote Desktop yang berdiri sendiri (bukan fitur bawaan suatu sistem operasi) dan lebih powerfull fitur-fiturnya. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, beberapa di antaranya merupakan layanan berbasis web di mana kita harus terlebih dahulu mendaftar dan melakukan instalasi satu program kecil, ada pula yang bersifat stand alone sehingga mengakses komputer dapat dilakukan lewat jalur VPN. Selain itu ada pula yang berkemampuan untuk berbagi layar desktop bagi lengkap dengan fasilitas chat dan VOIP yang biasanya berguna untuk melakukan pelatihan atau presentasi jarak jauh dan bahkan ada pula yang memungkinkan kita untuk melakukan remote desktop melalui handphone atau PDA. Berikut aplikasi-aplikasi Remote Desktop yang patut dicoba:


1. LogMeIn

Cukup instal LogMeIn pada komputer yang ingin diakses dan kita akan dapat melakukan remote terhadap PC atau Mac dari mana saja hanya menggunakan sebuah browser. Apapun dapat dilakukan seolah-olah secara fisik berada di depan PC atau Mac yang sedang di remote.

2. ShowMyPC

ShowMyPC memungkinkan kita untuk berkolaborasi dalam melakukan Remote Desktop. Cocok sebagai alternatif untuk yang Anda yang sudah biasa menggunakan WebEx atau Gotomypc. Beberapa kelebihannya antara lain gratis, tidak perlu instalasi, pendaftaran, tidak perlu login. Juga memiliki fitur chatting, White-Board dan mampu merekam layar. Dibangun menggunakan standar SSH VNC serta menyediakan layanan Premium Hosting.

3. TeamViewer


Selain dapat melakukan remote desktop, TeamViewer dilengkapi dengan fitur transfer file yang memungkinkan kita menyalin file dan folder dari dan ke komputer yang sedang diakses.

Untuk memasang TeamViewer tidak diperlukan hak Administrator. Cukup jalankan software dan jangan lupa untuk mematikannya setelah selesai. Jika menggunakan TeamViewer tidak perlu khawatir tentang firewall karena TeamViewer akan menemukan cara komunikasi secara otomatis. Untuk penggunaan non-komersial tersedia secara gratis.

4. CrossLoop

CrossLoop memungkinkan kita untuk melihat layar, kendali atas mouse dan keyboard pada komputer remote. Dalam promosinya CrossLoop dapat dijalankan dalam waktu kurang dari 2 menit. Cukup download dan instal aplikasi dan akan secara otomatis mengkonfigurasi sendiri untuk lingkungan jaringan komputer anda.

5. SkyFex

Menggunakan SkyFex Remote Assitant memungkinkan kita menyaksikan dan mengakses komputer dari jauh secara real time. Skyfex tidak memerlukan tambahan software dan bekerja melalui proxy, firewall atau NAT pada jaringan. SkyFex adalah layanan berbasis Windows dan membutuhkan Internet Explorer


6. DimDim

Dimdim Web Meeting tersedia dalam edisi open source maupun komersiil yang mampu mendukung ribuan peserta. Tidak seperti layanan web meeting sebelumnya, Dimdim tersedia secara online atau kita juga dapat menginstalnya di server pribadi.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement