Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Schoology, Alternatif Lain Pembelajaran Online Via LMS

Menurut Wkipedia, LMS atau Learning Management System adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan "online", program pembelajaran elektronik (e-learning program) dan isi pelatihan. Sebuah LMS yang kuat harus bisa melakukan hal berikut:
  • menggunakan layanan self-service dan self-guided
  • mengumpulkan dan menyampaikan konten pembelajaran dengan cepat
  • mengkonsolidasikan inisiatif pelatihan pada platform berbasis web scalable
  • mendukung portabilitas dan standar
  • personalisasi isi dan memungkinkan penggunaan kembali pengetahuan
Secara sederhana kita bisa menyebutnya kegiatan pembelajaran berbasis internet. Satu semester sudah mencoba memaksimalkan Facebook sebagai media pembelajaran. Kenapa memilih Facebook? Tentu saja dengan pertimbangan setiap siswa pasti sering berinteraksi dengan jejaring social yang satu ini, siswa sudah pasti hapal dengan fitur dan tata letak menu-menunya. Karena dirasa begitu familiar dengan interface yang ada di Facebook, harapannya tentu saja siswa dapat dengan mudah mengerjakan tugas dan mendapatkan materi-materi yang sudah di-share oleh guru dengan membuat group pembelajaran via Facebook. Setidaknya coba mengajarkan kepada siswa, khususnya siswa SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan, bahwa penggunaan teknologi itu memang seperti dua mata pisau tajam, tergantung bagaimana kita menggunakannya. Apakah hanya digunakan untuk berGALAU RIA atau digunakan untuk HAL YANG LEBIH BERGUNA.



Ada banyak cara menyajikan pembelajaran online untuk siswa, salah satunya dalam bentuk LMS seperti sudah disebutkan di atas. Contoh program yang menyajikan konten LMS adalah Moodle dan Edmodo yang sudah diterapkan 2 tahun yang lalu. Agar pembelajaran lebih variatif dan untuk menghindari kejenuhan, maka semester ini akan dicoba penggunaan LMS Schoology.
Berbicara mengenai penggunaan media pembelajaran sebenarnya adalah masalah kenyamanan. Sebuah sistem meskipun menurut banyak orang enak untuk digunakan, tapi belum tentu nyaman digunakan oleh orang lain. Semua tergantung fasilitas yang disediakan dan kebutuhan user terhadap sistem tersebut.

Moodle memang sengaja diciptakan untuk sistem managemen pembelajaran atau LMS secara murni. Sehingga apapun yang terkait dengan proses, media dan administrasi pembelajaran, akan difasilitasi oleh sistem ini.

Edmodo diciptakan menggunakan konsep social networking, yang mengacu pada jejaring sosial Facebook, sehingga sistem ini memiliki fitur yang mirip dengan Facebook. Bahkan banyak yang bilang Edmodo adalah Facebook-nya sekolah, karena selain untuk media jejaring sosial/kolaborasi diantara penggunanya, Edmodo juga mendukung proses pembelajaran online.

Schoology memiliki konsep yang sama dengan Edmodo (LMS + Social Networking), dan mendukung hampir semua fasilitas yang didukung oleh Edmodo. Schoology memiliki beberapa fasilitas lain yang tidak didukung oleh Edmodo dan praktisnya Schoology tidak perlu instalasi hosting seperti halnya Moodle. Sebetulnya Moodle yang berbasis cloud tanpa perlu instalasi hosting juga ada di www.mdl2.com tapi cukup banyak iklannya. Jadi kali ini kita akan fokus pada bahasan Schoology. Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh Schoology sebagai berikut:
  1. Courses (Kursus), yaitu fasilitas untuk membuat kelas mata pelajaran, misal mata pelajaran Matematika, Fisika, dan lain sebagainya. Fasilitas Courses ini juga ada di Moodle
  2. Groups (Kelompok), yaitu fasilitas untuk membuat kelompok. Fasilitas ini juga ada di Moodle maupun di facebook.
  3. Resources (Sumber Belajar)

Di dalam menu Course kita juga bisa membuat kuis/soal (ini yang tidak dimiliki langsung oleh Facebook) yang jenisnya banyak yaitu pilihan ganda, benar salah, menjodohkan, isian singkat, dll. Bagusnya lagi kita bisa mengimport soal. Kelebihan soal online yang dimiliki oleh Schoolgy adalah kita tidak perlu memeriksa pekerjaan siswa. Bentuk-bentuk penugasan pun bisa dikerjakan siswa di rumah, guru tinggal mengontrol dari jarak jauh. Untuk guru Matematika sangat dimanja dalam pembuatan soal di Schoology ini, yaitu dilengkapi dengan Symbol, Equation, dan Latex. Jadi semua jenis soal yang mengandung gambar, simbol, dan equation dapat ditulis di Schoolgy. Di dalam pembelajaran tentu ada guru dan siswa. Untuk memasukkan anggota (siswa) yang ikut di kelas yang kita ampu kita cukup memberikan kode kepada siswa-siswa yang kita ajar.
Inilah tampilan schoology akun saya, yang mau mencoba silahkan kunjungi www.schoology.com


Posting Komentar

4 Komentar

  1. wah pembelajaran e-learning makin beragam ya sob??
    BJGP-Rizal

    BalasHapus
  2. bro, minta tutorial schoology dong

    BalasHapus
  3. Tutorial schoology tentang bahasan apa, bro?

    BalasHapus
  4. Sekarang jamannya pembelajaran digital, sehingga semakin maju dunia pendidikan kita. Kedepan mungkin gak ada resep masakan yang di kemas seperti pembelajaran jadi pingin buat aplikasinya.

    BalasHapus

Ad Code

Responsive Advertisement