Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Membuat Tes Online dengan Proprofs (bag. 2)

Jumatan telah selesai, makan pun sudah, maka tak ada salahnya blog walking kembali dan meneruskan tutorial yang belum selesai. Oke tanpa basa-basi lagi, kita lanjutkan tutorial pembuatan tes online, kuis online, ujian online atau apa pun itu namanya, yang pasti kita membuat soal tes untuk ujian siswa dengan berbasis web dan membutuhkan koneksi internet untuk mengerjakannya. Setelah kita membuat soal, langkah selanjutnya yaitu melakukan pengaturan soal dan user.
Jika pada tutorial bagian pertama telah keluar dari proprofs.com. Anda tinggal membukanya kembali, soal yang telah anda buat masih ada kok, yang penting Save & go to next step di tutorial pertama telah dilakukan. Untuk membukanya kembali anda tinggal login, kemudian pilih My Quizzes, maka akan terlihat daftar nama dari soal online yang telah anda buat. Untuk melakukan pengaturan pilih Edit Settings. Jangan lupa di setiap akhir pilihan klik Save.
Pada tab menu General Settings terdapat:
  • Maximum Score, skor maksimum yang bisa kita tentukan sendiri
  • Max. Time To Complete Quiz, waktu maksimal yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal online, bisa ditentukan dalam hitungan menit maupun jam, tinggal sesuai selera kita.
  • Quiz Availability, pilih saja always agar soal bisa diakses selamanya
  • Result Type, komentar hasil setelah mengerjakan, bisa dipilih dengan mengkliknya
  • Order of Question, penyajian soal yang diinginkan, pilih sequential jika menginginkan soal berurut sesuai yang kita buat atau pilih random untuk mengacak soal yang telah kita buat.
  • Number of Question, nomor pertanyaan soal, bisa dipilih show all question atau lainnya tinggal klik saja, yang lainnya hiraukan saja, apalagi yang bertanda Premium upgrade required tidak bisa digunakan karena itu khusus untuk premium user. 
Pada tab Security and Tracking terdapat pilihan:
  • Security Setting, pilih saja “Public on the web”.
  • Tracking, klik pilihan yang harus diisi oleh siswa sebelum memulai ujian online. 
Pada tab Language untuk pilhan bahasa pada tampilan ujian online
Pada tab Notification taka ada yang bisa kita pilih karena hanya untuk premium user.

Nah… selesai sudah langkah membuat Ujian Online. Untuk mulai menerapkannya kepada siswa, tinggal buka kembali  My Quizzes, sebelah kanan nama ujian online ada pilihan Preview This Quiz untuk melihat tampilan ujian online yang telah dibuat, Email untuk mengirimkan link ujian kepada siswa via email, Link untuk menyisipkan link ujian online ke halaman lain misalnya di social media yang kita miliki, bisa Facebook, Twitter atau yang lainnya. Embed untuk menambahkan ujian online ini ke blog sendiri. Print untuk mencetak ujian online-nya. Facebook Twitter untuk berbagi tautan langsung ke profile Facebook sendiri, Twitter maupun My Space.
Jika memilih Embed, akan dihadapkan pada tampilan berikut ini hanya saja karena pake yang versi gratisan jadi langsung saja ke Step 2, copy kode HTML yang ada di kotak putih untuk di-paste ke postingan di blog sendiri. 

Untuk melihat hasil Ujian Online yang telah diikuti oleh siswa, kembali lagi ke My Quizzes, pilih Reports & Attempts yang ada di sebelah kanan nama ujiannya. Stats untuk melihat secara keseluruhan hasil ujian dalam bentuk diagram.

Setiap siswa setelah mengerjakan soal online akan mendapatkan sertifikat beserta skor nilainya secara otomatis. Jika rekan sekalian tidak mau direpotkan untuk mengecek hasil ujian, kita bisa meminta siswa untuk print out sertifikat sebagai bukti hasil ujian.
Ingin melihat soal online yang sudah jadi seperti apa? Anda bisa mengunjungi situsnya, ada begitu banyak di sana, atau untuk soal online serupa juga ada di blog ini, anda bisa melihtanya di sini atau di sini atau yang ini.

Lengkap sudah tutorial pembuatan Ujian Online dengan menggunakan fasilitas yang disediakan proprofs.com. Bagi bapak/ibu guru yang penasaran ingin mencoba ujian online silahkan mencobanya. Apabila ada hal yang kurang jelas, bisa ditanyakan saat kita ada waktu bertemu atau bisa ditinggalkan di sini dengan mengisi komentar pada kolom di bawah ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil menambah model pembelajaran menjadi semakin menarik sehingga siswa betah dengan kita dan pelajaran yang kita ampu. MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA!

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Kak kalo di settingannya tidak ada setting "Quiz Availability" gimana ya? Soalnya saya buat tidak bisa diakses

    BalasHapus

Ad Code

Responsive Advertisement