Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Membuat Tes Online dengan Proprofs (bag. 1)

Bertolak dari permintaan rekan-rekan guru yang mau menambah variasi model pembelajarannya dengan membuat tes soal secara online, tapi karena keterbatasan pertemuan akibat dari jam terbang (jam mengajar maksudnya) yang berbeda-beda serta kesibukkan lainnya, akhirnya saya coba membuat tutorial pembuatan tes online ini.

Kalau tidak salah, tim ICT sekolah juga sedang dalam "project" pengembangan media pembelajaran online yang biasa kita dengar dengan istilah "elearning", salah satu fasilitasnya ada tes online, sebagaimana yang telah diimplementasikan di jurusan Teknik Komputer & Jaringan, dengan berbasis Moodle. Nah... sambil menunggu 'project" itu merambah ke semua jurusan, sementara beberapa guru baru sudah penasaran ingin membuat tes online, tak ada salahnya mencoba yang satu ini, "Membuat Tes Online dengan Proprofs". 

Proprofs adalah salah satu nama dari sekian banyak peyedia quiz online atau tes online berbasis web yang ada di internet. Tapi untuk kali ini, kita coba dengan proprofs saja dulu. Kenapa? Karena proprofs langkah-langkah pembuatannya cukup mudah dipelajari, pilihan bentuk soal cukup banyak, bisa menambahkan gambar, link, video dan yang paling penting apa coba???... GRATIS teman-teman!! Tidak sepenuhnya gratis sih, ada beberapa fitur yang hanya disediakan untuk premium user dan tentu saja berbayar. Tapi dengan memanfaatkan versi gratisnya pun kita sudah cukup puas ko. Oke, kita mulai bagaimana membuat soal online untuk blog dengan Proprofs.com.

Langkah pertama
Buka browser kesayangan anda entah Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome atau Opera, tergantung yang sudah tersedia. Masuklah ke alamat http://www.proprofs.com, lakukan registrasi dengan memilih tombol Signup yang ada di pojok kanan atas.
Langkah kedua
Setelah itu akan terbuka form registrasi, tersedia registrasi dengan akun Facebook atau Twitter anda. Namun jika ingin membuatnya secara terpisah, isi form username dan password untuk akun anda di proprofs serta isi form email dengan email yang telah anda miliki, bisa yahoo mail, gmail, hotmail dan mail-mail lainnya (yang penting jangan si mail di ipin-upin, haha... b'canda dikit biar rileks). Saya sarankan password yang telah dibuat dicatat untuk menghindari lupa. Setelah 3 form diisi, klik Start Creating My Quiz.
Langkah ketiga
Buka e-mail yang tadi telah didaftarkan, lihat inbox e-mail anda dan temukan notifikasi dari proprofs, biasanya berupa link verifikasi dan mengarahkan kita untuk login pada proprofs.com dengan username dan password yang telah dibuat. Kemudian pilih "Login & Continue".

Langkah keempat
Klik Create A Quiz untuk membuat kuis, pilih Scored Quiz lalu klik Continue.



Langkah kelima
Tentukan judul atau nama ujiannya pada Quiz Title dan petunjuk ujian bila perlu disertakan diketik di Quiz Description. Kemudian di Category pilih jenis soal online yang kita buat, karena ditujukan untuk kepentingan pendidikan pilih saja Education & Exams.



Langkah keenam
Masih di halaman yang sama, klik Add Questions untuk mulai membuat soal, ada 5 pilihan bentuk soal yang tersedia
  • Multiple Choice = soal pilihan ganda
  • Checkboxes = soal cek list
  • True / False = soal pilihan benar / salah
  • Fill in The Blanks = soal isian singkat
  • Essay Type = soal tipe essay
Contoh di sini yang kita pilih adalah bentuk soal pilihan ganda.


Langkah ketujuh
Tuliskan soal yang akan diujikan. Satu tips yang penting, soal sebaiknya sudah dipersiapkan, diketik terlebih dahulu dalam Ms. Word atau program pengolah kata lainnya, agar dalam penulisan soal tidak memerlukan waktu yang lama, tinggal di copy-paste saja. Terlebih jam istirahat kita terbatas, ada waktu buat salat Zuhur, buat makan siang, buat cuap-cuap dengan rekan n so on, kalau dibuat di rumah mesti rela menghabiskan pulsa internet. Jadi mari manfaatkan waktu yang ada secara efektif.

Langkah kedelapan
Untuk menambah soal lagi, silahkan lakukan langkah seperti langkah kelima (anak panah 7) dengan mengklik Multiple choice. Lakukan secara berulang sampai semua soal selesai dibuat. Jika semua soal telah dibuat pilih Save & go to next step.


Nah sampai di sini langkah pembuatan soal sudah selesai, langkah beikutnya adalah pengaturan soal dan user yang akan kita bahas nanti.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement