Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Konsep dan Sejarah Sistem Operasi


Sistem Komputer pada dasarnya terdiri dari komponen utama yaitu : 
  1. Hardware atau Perangkat Keras 
  2. Software yang terdiri dari Sistem Operasi dan Perangkat Lunak Aplikasi
  3. Brainware (User/Sumber Daya Manusia)
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan  layanan (system calls) ke pemakai sehingga   memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer. 

Sistem operasi dapat dibedakan berdasarkan jumlah pengguna dan program yang dapat dijalankan, juga berdasarkan jenis software, atau jenis hardware yang digunakan. Berdasarkan jumlah pengguna dan program yang dijalankan,sistem operasi dpt dikategorikan dengan :
  • SINGLE USER – SINGLE TASKING, sistem operasi hanya bisa digunakan oleh satu akun pengguna dan tidak bisa menjalankan banyak program secara bersamaan. 
  • MULTI USER – SINGLE TASKING, sistem operasi bisa digunakan oleh lebih dari satu akun pengguna namun tidak bisa menjalankan banyak program secara bersamaan. 
  • SINGLE USER – MULTI TASKING, sistem operasi hanya bisa digunakan oleh satu akun pengguna namun bisa menjalankan banyak program secara bersamaan. 
  • MULTI USER – MULTI TASKING, sistem operasi bisa digunakan oleh lebih dari satu akun pengguna dan bisa menjalankan banyak program secara bersamaan.
Bahasan selengkapnya bisa diunduh di slideshare atau di sini.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement