Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Jenis-jenis Malcodes


Malcodes yang merupakan kepanjangan dari malicious codes atau kode jahat didefinisikan sebagai semua macam program, makro atau script yang dapat diesekusi dan dibuat dengan tujuan untuk merusak sistem komputer. Yang termasuk malcodes diantaranya virus, worm, trojan horse, spyware dan adware.

1. Virus
Definisi virus menurut Fred Cohen adalah "A program that can infect other programs by modifying them to include a slightly altered copy of itself. A virus can spread throughout a computer system or network using the authorization of every user using it to infect their programs. Every programs that gets infected can also act as a virus that infection grows“.
Definisi versi lain yang lebih mudah dipahami (terutama bagi yang gak English friendly, hehe...) menyebutkan virus computer adalah suatu rutin program yang menempel dan menjadi bagian dari rutin progam lainnya, serta dapat memperbanyak dirinya sendiri. Virus dapat mengubah atau menghapus system arsip, serta mengubah data. Kriteria kerja virus meliputi:
  • Kemampuan untuk mendapatkan informasi
  • Kemampuan untuk memeriksa suatu file
  • Kemampuan untuk menggandakan diri dan menularkan diri
  • Kemampuan melakukan manipulasi
  • Kemampuan untuk menyembunyikan diri. 
2.Worm
Worm adalah program yang akan berusaha memperbanyak dirinya semaksimal mungkin, sehingga akibatnya media penyimpanan/memori akan penuh.Worm ditujukan kepada program yang mengkopi dirinya sendiri ke memory komputer. Perbedaan mendasar dari worm dan virus adalah, apakah menginfeksi target code atau tidak. Virus menginfeksi target code, tetapi worm tidak. Worm hanya ngendon di memory.

3. Trojan Horse
Trojan merupakan program yang dibuat seperti program baik dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain) yang ketika diinstal ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, dijadikan botnet dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komputer tersebut. Botnet merupakan sekelompok computer yang terkoneksi internet yang digunakan untuk mengirim spam atau melakukan DOS attack yang bias meruntuhkan sebuah website.

4. Spyware
Spyware merupakan program yang dibuat untuk memata-matai komputer korbannya. Awalnya spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan penggunaannya dalam menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengguna komputer tersebut.


Materi selengkapnya unduh di sini.

Posting Komentar

1 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement