Kamis, 29 September 2011

Arti Bentuk & Warna Simbol K3

Pada simbol-simbol keselamatan, sangat sering kita temui bentuk-bentuk simbol keselamatan kerja dengan beraneka ragam warna yang menarik dilihat seperti terlihat di bawah ini:

Tapi... apakah kita mengetahui arti dari warna dan simbol-simbol tersebut? Arti bentuk dan warna simbol keselamatan kerja sudah ditetapkan secara umum dan sebaiknya kita pun mengetahui hal tersebut. Bentuk dan warna simbol keselamatan kerja terklasiffikasi seperti terlihat di bawah ini:

Manfaat dari penggunaan simbol-simbol keselamatan antara lain :
  • Menarik perhatian terhadap adanya keselamatan dan kesehatan kerja
  • Menunjukkan adanya potensi bahaya yang mungkin tidak terlihat
  • Menyediakan informasi umum dan memberikan pengarahan.
  • Mengingatkan para karyawan untuk menggunakan peralatan perlindungan diri
  • Mengindikasikan di mana peralatan darurat keselamatan berada.
  • Memberikan peringatan waspada terhadap beberapa tindakan yang atau perilaku yang tidak diperbolehkan.
Adapun landasan hukum penggunaannya :
1. Undang-undang No. 1 Tahun 1970 (Undang-Undang Keselamatan Kerja) “ Memasang dalam tempat kerja yang dipimpinnya, semua gambar keselamatan kerja yang diwajibkan dan semua bahan pembinaan lainnya, pada tempat-tempat yang mudah dilihat dan terbaca menurut petunjuk pegawai pengawas atau ahli keselamatan kerja “
2. Permenaker No. 05/MEN/1996 (SMK3) “ Rambu-rambu mengenai keselamatan dan tanda pintu darurat harus dipasang sesuai dengan standar dan pedoman “

Nah... dengan mengetahui arti bentuk-bentuk dan warna tersebut, semoga membantu kita untuk lebih memahami pentingnya Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH).

0 komentar:

Poskan Komentar