Ad Code

Responsive Advertisement

News Ticker

6/recent/ticker-posts

Penggunaan Kabel UTP

Dalam membuat jaringan komputer, untuk menghubungkan antar perangkat jaringan saat ini umumnya menggunakan kabel UTP. UTP adalah kepanjangan dari Unshielded Twisted Pair. Dinamakan unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan.

Kategori Kabel UTP
Kabel UTP sebenarnya terdapat 7 kategori. Akan tetapi yang biasa digunakan untuk LAN ialah kategori 5 atau yang biasa disebut cat-5. Kegunaan dari masing kategori kabel tersebut sebagai berikut:
  1. cat-1, sebelumnya dipakai untuk POST (Plain Old Telephone Service) telephone dan ISDN
  2. cat-2 dipakai untuk token ring network dengan bw 4mbps
  3. cat-3 dipakai untuk data network dengan frekuensi up to 16 Mhz dan lebih populer untuk pemakaian 10mbps
  4. cat-4 dipakai untuk data network dengan frekuensi up to 20 Mhz dan sering dipakai untuk 16mbps token ring network
  5. cat-5 dipakai untuk data network dengan frekuensi up to 100Mhz dan biasa dipakai untuk network dengan kecepatan 100Mbps tetap, kemungkinan tidak cocok untuk gigabyte ethernet network
  6. cat-5e dipakai untuk data network dengan frekuensi dan kecepatan sama dengan cat-5 tetapi lebih support gigabyte ethernet network
  7. cat-6 memiliki kecepatan up to 250Mbps atau lebih dari dua kali cat-5 dan cat-5e
  8. cat-6a dipakai untuk kecepatan up to 10Gbps
  9. cat-7 didesign untuk bekerja pada frequensi up to 600Mhz
Dalam membangun sebuah jaringan, langkah awal yang dilakukan adalah memilih konfigurasi kabel yang tepat. Terdapat 2 konfigurasi kabel yaitu tipe straight dan tipe cross. Tipe straight digunakan untuk menghubungkan komputer jaringan yang memakai hub/switch atau client ke hub. Sedangkan tipe cross digunakan untuk menghubungkan komputer jaringan yang tanpa memakai hub/switch atau client ke client.

Perangkat Pengguna Kabel UTP
Perangkat-perangkat yang biasa terhubung dengan kabel UTP antar lain :
1. Repeater
Fungsi utama dari repeater ialah menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel LAN yang lain. Dengan adanya repeater ini, jarak antara dua jaringan komputer bisa diperjauh.






2. Bridge

Bridge bekerja dengan meneruskan paket Ethernet dari satu jaringan ke jaringan lain. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda dan atau medium acces control yang berbeda.




3. Switch
Fungsi Switch sama dengan Bridge, hanya saja Switch merupakan pengembangan dari Bridge. Pada awalnya Bridge diimplementasikan dengan basis software (software based), sedangkan Switch menggunakan implementasi hardware dalam bentuk ASIC (Appication Specific Integrated Circuit).

4. Hub

Fungsi hub sama halnya dengan fungsi Switch. Hanya saja Hub punya beberapa kelebihan dibandingkan dengan Switch.






5. Router

Router memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan yang lain yang mungkin memiliki banyak jalur di antara keduanya dan dapat juga digunakan untuk menghubungkan sejumlah LAN (Local Area Network).

6. Ethernetcard
Ethernet adalah interface yang merupakan sebuah card yang terhubung ke card yang lain ke Ethernet hub dan kabel UTP atau hanya menggunakan sebuah kabel BNC yang diterminasi di ujungnya.


Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement